Skip to main content

Summative IPS: Perbedaan Budaya di Dua Negara

 Indonesia dan Spanyol

Pertemuan Indonesia-Spanyol, Bahas Nilai Perdagangan hingga Isu Kelapa  Sawit : Okezone Economy

1.   Spanyol


a.     Kondisi Geografis

Spanyol merupakan negara yang terletak di benua Eropa dengan ibu kotanya yang terdapat di Madrid.


Bentuk Relief

Spanyol merupakan negara dengan dataran tinggi kedua di dunia. Diluar dari itu, terdapat bagian-bagian pantai yang mengarah kepada Selat Gibraltar dan Laut Belearic dan Laut Medeterranian


Letak Geografis

Wilayah Spanyol dikepungi beberapa negara. Spanyol berbatasan dengan negara Portugal dari bagian barat serta berbatasan dengan Gibraltar dan Maroko dari bagian selatan. Dari arah timur laut, terdapat Prancis dan Andorra. Batas lautnya adalah Samudra Atlantik di barat dan Teluk Biscay di utara serta Laut Tengah di timur


Iklim

iklim dalam negara Spanyol terdapat beragam salah satunya merupakan Iklim Mediterania (musim panas yang hangat hingga panas dan kering, dan musim dingin yang mild dan basah.) sedangkan dibagian selatan Spanyol, Iklimnya berubah menjadi Iklim laut tengah. Selain dari itu, terdapat juga iklim Alpine dan iklim Arid.


Manfaat Letak Geografis

Spanyol merupakan negara dengan dataran tinggi. Maka mereka bisa mempergunakan hasil produksi perkebunan untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan negara mereka.


Peta Negara Spanyol Lengkap dengan Kota, Sumber Daya Alam, Batas Wilayah  dan Keterangan Gambar Lainnya - Geologinesia
Peta Spanyol


Sumber: https://www.gurugeografi.id/2016/12/geografi-spanyol.html

 

b.     Potensi Sumber Daya Alam

Hutan

Hutan(Perkebunan) merupakan salah satu SDA terbaik bagi Spanyol. Hal ini disebabkan oleh datarannya yang merupakan dataran tinggi dan iklimnya yang adalah iklim sub-tropis.


Laut

Seperti yang tertulis di betuk relief, Spanyol hanya memiliki laut dari bagian timur dan selatan. Hal ini menunjukkan bahwa Spanyol masih cukup bisa menghasilkan keuntukngan dari laut namun tidak secara maksimal


Tambang

Tambang juga merupakan hasil SDA yang sangat baik bagi negara Spanyol terutama dalam Mineral dan logam (magnesit, gipsum, sepiolit, kaolin, fluorspar, bijih besi, tembaga, timbal, seng, uranium, tungsten, merkuri dan pirit).

https://www.geologinesia.com/2018/09/peta-negara-spanyol.html

 

c.     Objek Wisata

Alhambra Granada:

Tempat ini merupakan salah satu peninggalan sejarah dari negara Spanyol. Kastil ini terletak di bukit La Sabica, Granada. Dulunya banguinan ini didirikan pada tahun 1238 – 1358 oleh kaum Moor yang berasal dari Afrika Utara. Di tempat ini terdapat benteng yang kokoh dan taman bunga dibagian pelataran Istana serta taman yang terdapat patung singa bernama Hausyus Sibb. Pada umumnya kastil ini berwarnah merah( Diambil dari namanya bahasa Arab Alhambra yang artinya Kastil Merah). Namun selain dari itu,terdapat beberapa warna yang mendasari simbol kehidupan dari Al-Quran karena dulunya istana ini dikuasai oleh Kerajaan Islam.


Wisata Jalan-jalan Terpandu di Granada dengan Taman Alhambra
Alhambra Granada 


Santiago Compostela

Santiago Compostela merupakan sebuah kota kuno warisan terkenal dari Spanyol. Terdapat terdapat banyak jalan-jalan yang tertata rapi dibuat dengan bebatuan dan bangunan-bangunan model lama yang menandakan ciri khas Spanyol dan kota kuno yang kaya akan budaya. Tempat ini menjadi tanah suci dan tujuan ziarah umat Katolik karena dulu didapatkan jasad Santo Yakobus.

Santiago de Compostela in Galicia | My Guide Galicia
Santiago Compostela


Plaza Mayor

Plaza Mayor merupakan tanah terbuka berbentuk persegi dengan terdapat bangunan-bangunan khas yang mengelilinginya. Pada abad pertengahan plaza ini adalah sebuah pasar tradisional yang kemudian dirubah menjadi alun-alun berbentuk kotak atas perintah Raja Philip III. Tempat ini sering dijadikan tempat pelaksanaan beragam acara seperti festival De Idiro dan Christmas Market.


Plaza Mayor Square, Megahnya Oasis Kota Madrid | Tour ke Eropa Terbaik 2018
Plaza Mayor


Plaza de Espana

Plaza de Espana merupakan sebuah ruang terbuka publik yang terletak di tengah-tengah taman Maria Luisa. Ciri khas dari tempat ini adalah dimana terdapat beberapa kanal dan dibuat dengan arsitektur bergaya renaissance dan neo-moorish. Di atas kanal terdapat 4 jembatan. Jembatan-jembatan ini menyimbolkan empat kerajaan kuno Spanyol, yaitu Castille, Aragon, Navarre, dan Leon.


Pesona Plaza de Espana yang Tak Tertandingi - Kompasiana.com
Plaza De Espana


Sumber: https://www.nativeindonesia.com/tempat-wisata-di-spanyol/

 

 

2.   Indonesia


Sama-sama Berwarna Merah Putih, Ini Perbedaan Mencolok Bendera Indonesia  dan Monako - Tribun Solo

a.     Kondisi Geografis

Indonesia merupakan negara yang terletak di Asia tenggara dengan ibu kotanya yang terdapat di Jakarta.


Bentuk Relief

Indonesia merupakan negara kepulauan. Maka bisa dikatakan bahwa laut dan darat terambil setengah-setengah, serta ditambah dengan dataran rendah dan dataran tinggi. Terdapat cukup banyak gunung dan pegunungan yang terdapat di Indonesia karena beberapa alasan seperti terdapat beberapa tempat yang memasuki ring of fire dan terlintasnya dua jalur pegunungan muda yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania

https://www.berpendidikan.com/2019/09/bentuk-relief-daratan-indonesia.html#:~:text=Secara%20garis%20besar%2C%20relief%20daratan,Sirkum%20Pasifik%20dan%20Sirkum%20Mediterania.


Letak Geografis

Indonesia terkenal dengan letak tanahnya yang sangat strategis, namun untuk membahas lebih lanjut, saya akan membahasnya dibagian manfaat. Secara besar, Letak geografis Indonesia dibagi menjadi 2 yaitu benua dan samudera. Indonesia dikelilingi oleh benua Asia(Barat laut) dan benua Australia(Tenggara) serta samudera Hindia(Barat daya) dan Samudera Pasifik (Timur laut).


Manfaat Letak Geografis

Seperti yang tertulis di atas, Indonesia memiliki letak yang sangat Strategis diamana dia dikelilingi dua benua dan dua samudera. Hal ini dikarenakan apabila kita menjadi penengah dari dua daerah, kita akan menjadi persimpangan lalu lintas dunia baik dari udara maupun dari laut. Indonesia akan menjadi titik persilangan bagi perdagangan negara-negara industri dan negara-negara yang sedang berkembang seperti Jepang dari arah Asia dan Amerika dari arah samudera Pasifik).

https://kemlu.go.id/nur-sultan/id/pages/geografi/41/etc-menu#:~:text=Berdasarkan%20letak%20geografisnya%2C%20kepulauan%20Indonesia,kaitannya%20dengan%20iklim%20dan%20perekonomian.

 

Iklim

Iklim di Indonesia terdapat tiga, yaitu Iklim Muson(Musim), Tropis dan Laut. Iklim Muson terjadi karena angin musim yang bertiup berganti arah setiap setengah tahun sekali. Iklim Tropis terjadi salah satu alasannya adalah karena Indonesia terletak di garis khatulistiwa (Bagian ujung/sisi bumi yang mengarah ke matahari). Iklim ini menyebabkan suhu di Indonesia cenderung panas. Dan yang terakhir adalah iklim Laut. Hal ini dikarenakan setengah dari bagian Indonesia merupakan laut. Iklim ini menyebabkan banyak terjadinya hujan yang turun.

https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/iklim/iklim-di-indonesia#:~:text=Indonesia%20memiliki%203%20musim%20yaitu,dan%20juga%20tidak%20terlalu%20dingin

 

√ PETA INDONESIA HD : Gambar, Batas, Luas & Nama Provinsinya Lengkap | The  Book
Peta Indonesia


b.     Potensi Sumber Daya Alam

Terdapat banyak potensi SDA bagi Indonesia, namun untuk kali ini saya mengambil potensi dari Hutan, Laut dan Tambang.


Hutan

Hutan di Indonesia dikelompokkan menjadi 3 yaitu Hutan lindung(Hutan yang digunakan sebagai penyangga aktifitas sehari-hari), Hutan produksi (Hutan yang digunakan sebagai sumber pendapatan ekonomi atau akan diolah menjadi bahan jualan) dan Hutan konservasi8Hutan yang digunakan sebagai pelestarian ekosistem Flora dan Fauna). Hutan-hutan ini bisa dijadikan sebagai salah satu sumber pendapatan negeri melalui penjualan dan wisata.


Laut

Untuk laut, bagian tersebut membuat sebuah potensi melalui ekosistem ikan-ikan di dalamnya. Laut Indonesia memiliki beragam jenis Ikan dan bisa diekspor keluar negeri dengan keuntungan yang banyak. Potensi ikan di laut Indonesia bisa menembus 6 juta ton per tahun.


Tambang

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis hasil tambang. Yang pertama adalah gas alam. Di Indonesia terdapat penyediaan gas alam yang sangat banyak, sebagai cadangannya, terdapat sekitar 2.8 triliun meter kubik gas alam. Yang kedua adalah batu bara. Indonesia merupakan negara penghasil batu bara kelima di dunia. Batu bara bisa digunakan sebagai bahan bakar dan sektor pembangkit listrik.


Sumber: https://ilmugeografi.com/biogeografi/potensi-sumber-daya-alam

 

c.     Objek Wisata

Candi Borobudur:

Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia dan merupakan kompleks candi buddha terbesar di dunia. Terdapat banyak stupa-stupa kecil dengan arca didalamnya. Lokasi dari candi Borobudur ini terletak di Magelang, Jawa Tengah.


Tiket Masuk Candi Borobudur Harga Promo - tiket.com
Candi Borobudur


Raja Ampat
:

Raja Ampat merupakan kumpulan pulau-pulau yang terdapat di daerah Papua Barat. Tempat ini memperlihatkan bagaimana keindahan alam Indonesia dari Laut dan daratan. Secara umum pulau-pulaunya dibagi menjadi 4 yaitu Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta.


Scuba diving in Raja Ampat, Indonesia | ZuBlu
Raja Ampat


Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
:

TMII ini dulunya dibuat oleh Presiden Soeharto (Presiden kedua RI) sebagai hadiah kepada Isterinya. TMII ini dibuat dengan bertemakan “Mengelilingi Indonesia dalam satu tempat”. Didalamnya terdapat banyak atraksi atau Museum serta keong emas untuk mengenali Indonesia dengan cara yang lebih seru.


Wisata Jakarta - Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
Keong Emas, TMII


Bali
:

Sesungguhnya Bali merupakan sebuah pulau yang dimana dia terdapat diantara NTB dan Jawa Timur. Pulau Bali terkenal dengan kekayaan alam dan budayanya yang mencerminkan keunikan Indonesia. Tempat-tempat wisata yang terdapat disitu seperti pantai Kuta atau patung Garuda Wisnu Kencana (Salah satu Patung terbesar di Dunia).


Pantai Kuta Bali, Keindahan Senja dan Pesona Pasir Putih
Pantai Kuta, Bali


Sumber: https://anekatempatwisata.com/10-tempat-wisata-di-indonesia-yang-wajib-dikunjungi/

 

 3. Perbedaan Budaya/Kebiasaan


    Indonesia dulunya dikenal sebagai negara dengan masyarakatnya yang sangat ramah. Dimana anak-anak selalu menyapa orang-orang yang dilewatinya,kehidupan bertetangga yang selalu menciptakan komunikasi sosial yang baik. Pada saat ini kehidupan-kehiduan dan  tindakan-tindakan tersebut sudah mulai raib. Alasannya terdapat cukup banyak seperti kurangnya perhatian orang tua terhadap pengajaran kepada anak, pelanggaran HAM yang masih dianggap remeh dan lain-lain. Namun menurut saya hal yang paling berpengaruh adalah budaya barat yang mulai diterapkan orang Indonesia. Dimana menyapa orang asing akan dianggap aneh.

https://www.kompasiana.com/architectur034/5713c055b59373ef0b00f2f6/yang-mulai-hilang-dari-indonesia?page=all


    Berbeda dengan negara Spanyol, budaya ini masih menjadi kewajiban. Di Spanyol, suatu kenyamanan, kedamaian dan keramahan Sosial menjadi hal yang sangat penting atau sangat pokok bagi mereka. Memang karena sudah terbiasa, pasti mereka tidak akan merasa aneh apabila menyapa orang lain dengan senyum.

https://ehef.id/post/eropa-individualis-7-kebiasaan-di-spanyol-ini-pasti-gugurkan-anggapan-tersebut


    Sebagai orang yang membandingkan negara sendiri dengan negara lain, saya merasa hal ini menjadi hal yang tidak baik baik negara Indonesia. Saya meiliki beberapa alasan. Pertama-tama saya akan mejelaskan dari arah Kondisi geografis. Indonesia dikelilingi 2 benua dan 2 samudera dan menjadi persimpangan lalu lintas Dunia. Hal ini menyebabkan wisatawan dari luar negeri akan lebih sering atau banyak mengunjungi negara kita. Dengan menunjukkan budaya keramahan, kita menunjukkan bagaimana seharusnya kehidupan sosial berjalan dan kita mamberi contoh. Kita memberi sapa kepada setiap orang dan berperilaku sopan.

https://travel.kompas.com/read/2019/03/26/171100327/alasan-utama-turis-asing-berwisata-ke-indonesia


    Saya juga mendapatkan pendapat dari keluarga saya(Sepupu). Dia berkata bahwa keadaan ini merupakan suatu hal yang tidak baik bahkan sudah menjadi sifat buruk dari anak-anak negara. Alasan yang paling terutama merupakan pergeseran budaya dari negara luar. Seharusnya kita mempergunakan globalisasi ini dengan baik.


    Yang ketiga adalah dari sudut pandang kondisi perkembangan negara kita. Memang kita masih negara berkembang, namun proses kita untuk meuju negara maju sudah dekat. Kita tahu bahwa negara berkembang tidak semua memiliki kebudayaan untuk menjadi ramah. Tapi menurt saya tidak ada salahnya bagi kita untuk menjadi masyarakat yang ramah, sopa dan bermartabat. Kita bisa mengembangkan kondisi negara kita dari ekonomi dan politik. Hal itu akan mejadi lebih baik apabila masyarakatnya hidup lebih tentram damai da nyaman. Maka seharusnya kita mengembangkan kondisi negara kita dari bagian sosial juga.

https://economy.okezone.com/read/2020/08/14/20/2262051/jokowi-25-tahun-lagi-indonesia-jadi-negara-maju


    Diluar dari itu, sebagai orang Kristen harus menerapkan keramahan dengan baik dalam hidup kita. Sebuah keramahan merupakan salah satu bentuk ekspresi kasih terhadap orang lain. Kita sebagai pengikut Yesus, seharusnya menjadikan kasih sebagai dasar hidup kita. Kita bisa mulai membangu kehidupan sosial negara kita kembali dengan menyapa orang-orang dan bersikap sopan terhadap sesama.


4. Potensi Kerjasama dari Indonesia dan Spanyol


    Kedua negara memiliki kelebihan, kekurangan, cirikhas, dan keunikan masing-masing. Hal ini yang menjadi sebuah alasan Indonesia dan Spanyol bisa bekerja sama.


Perdagangan Laut

Spanyol hanya memiliki sebagian daerah yang terdapat laut. Hal ini sangat berlawanan dengan Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Pengeksporan ikan, Garam laut dan sea food bisa menjadi sebuah pertukaran yang baik.


Perkebunan:  

Spanyol merupakan negara dengan dataran kedua tertinggi. Selain dari itu iklim dari kedua negarapun berbeda, maka hasilnyapun akan membuat sebuah perbedaan yang sangat signifikan. Hal ini bisa dijadikan sebagai sebuah potensi kerja sama antara dua negara. Contohnya dalam impor dan ekspor kayu atau hasil kebun.


Kebudayaan

Indonesia meiliki budaya yang sagat beragam. Dengan begitu Indonesia bisa mengadakan kerjasama dalam bidang kebudayaan bersama Spanyol. Untuk saat ini terdapat kerjasama dalam bidang musik. Namun diluar dari itu saya melihat terdapat budaya-budaya dari Indonesia dan Spanyol yangbisa dijadikan sebagai sumber hasil kerjasama. Contohnya seperti dalam bidang seni dan Tradisi. Pelaksanaan Festival antar negara juga bisa dijadikan sebagai sumber ketertarikan negara lain.


Wisata

Selain dari budaya, Indonesia dan Spanyol juga bisa bekerjasama dalam hal wisata. Hal ini bisa dilaksanakan dengan manfaat agar wisata dari kedua negara bisa lebih dikenal dunia. Cotohnya seperti kerjasama Tiongkok dengan Sulut, dimana telah dibuka penerbangan secara langsung. Selain dari itu, Indonesia dan Spanyol juga bisa membuat kegiatan Internasional yang bertujuan untu memperkenalkan setiap keindahan dari kedua negara Kerja sama ini bisa meningkatkan kualitas wisata di kedua negara.


Comments

  1. Artikel ini sudah baik untuk penjelasannya, peletakan sumber, dan gambar yang mendukung penjelasannya. untuk kerapian, di bagian penjelasan wisata sebaiknya diberi huruf Kapital pada subjudulnya.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Blog ini sudah baik, memiliki penjelasan, juga sumber yang terpercaya, dan gambar yang mendukung penjelasan. Untuk kerapian, gambar raja ampat bisa ke tengah sedikit

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

We care, We Grow - Review (from ICT Class)

     UOI is one of the methods used by teachers to carry out online learning activities effectively with students. For me, this UOI has become a good technique in carrying out a learning activity. We as students are trained in time management and discipline. Theres a lot of diffrence between the last quarters technique and the technique we are using right now. Where for this quarter, we were given more independence study time in reducing our contact with laptop and computer screens. Other than that, we need to have sense of ownership for these lessons. In this quarter, we are talking about Eco-Friendly lifestyle with the theme "we care, We Grow". This theme will bring us to the understanding of the SDG's. It will bring us to understand the situation of the world and how do we take care of it. 

Restoring the Earth as our Sense of Responsibility to GOD

The earth is polluted with garbage and waste materials. It is our concern where the risk will come to the danger to humans themselves. If we keep being like this, Humans will kill themselves because of their own actions. So in this blog I want to share how dying our earth today and to share the SDG (Sustainable Development Goals) action for the restoration of the earth. We need to care about our earth, as our responsibility. "We Care, We Grow". -Plastic, a Strong Pollutant- Before, Plastic was something so great, usefull and Creative. But these days this thing become something so dangerous. Humans produce plastic material for their daily needs. Humans produce plastic material for their daily needs. less sense of responsibility, resulting in pollution to nature. Great Pacific Garbage Patch, this place is a part of the Pacific Ocean that collects all the rubbish naturally. We are introduced to several examples of parties dealing with waste. For example, the company Adidas, whic